Senin, 15 November 2010

Mempercepat Index Google dengan Meta Tag

Sebelum Blog Anda menjadi terkenal dikalangan Search Engine, sebaiknya Anda harus mengenal dulu Blog Anda, seberapa besar tingkatan Search Engine mengenal Blog Anda? Apakah terdapat banyak Link disana? Berapa kecepatan untuk membuka Blog? dan Berapa banyak kapasitas yang dibutuhkan untuk membuka Blog? Semuanya bisa Anda lihat sendiri di Submitexpress.com , caranya pun sangat mudah, Anda bisa melihatnya pada step ke 1.

Mengenal Blog tentunya menyulitkan bagi Search Engine, apabila pada Blog itu tidak terdapat code-code tertentu yang bertujuan untuk mempermudah pencarian dalam Search Engine. Saya memiliki beberapa code yang dapat mempermudah Search Engine. Code-code itu dapat Anda masukan ke dalam Header Blog Anda, yang lebih di kenal sebagai Meta Tag.

Meskipun ada banyak cara agar Search Engine, tapi kali ini saya akan membahas dulu tentang Cara Penggunaan Meta Tag yang baik dan benar, nanti di lain waktu saya akan membahas Tips-tips yang lainnya. Mungkin harus saya jelaskan langkah-langkahnya mulai dari awal, berikut langkah-langkahnya :

Buka dulu Alamat Submitexpress.com, lalu ikuti perintah berikut ini :
Pada bagian bawah Type your URL below, isikan URL / Alamat Blog Anda,, di bawahnya lagi pilih GoogleBot,, lalu pada bagian User Agent Anda masukkan alamat http://www.googlebot.com/bot.html,, kemudian klik Submit.
Lalu pada halaman selanjutnya akan terpampang halaman Meta Tag Analyzer, kemudian cari bagian Meta tags analysis. Dan perhatikan, apakah pada bagian Title, Description, Keywords, Robots dan Author sudah berwarna hijau semua (hijau dalam artian tidak ada yang error). Jika belum ikuti 2-3 langkah berikutnya.Setelah semua masalah dapat teratasi, maka dengan otomatis Search Engine (khususnya Google) akan memahami semua isi Blog Anda secara rinci.
Perhatikan juga pada bagian Web page analysis. Pada bagian ini terdapat banyaknya URL, Besarnya kapasitas untuk membuka Blog dan Berapa lama Blog itu dapat dibuka secara keseluruhan. Semakin sedikitnya angka semakin baik.
Setelah itu buka http://www.google.com/webmasters/tools, dan login dengan acount email google / gmail. Pada halaman Dashboard sertakan alamat blog Anda, contoh : http://ddery.com/, lalu klik Add Site. Setelah itu Anda akan diminta menverifiedkan Blog Anda, caranya mudah ikuti langkah-langkah berikut :
Setelah memasukkan alamat Blog anda, pada halaman Overview dan bagian Next Step klik link yang bertuliskan Verify your site.
Pada halaman selanjutnya pilih add a meta tag dan copy code meta tag nya.
Buka webhosting anda, lalu login dan buka account ftp anda atau file manager, agar bisa merubah bagian themes yang Anda gunakan sekarang ini. Atau Anda juga bisa menggunakan software Filezilla atau yang lainnya.
Buka public_html -> wp-content -> themes -> theme yang Anda gunakan. Lalu edit pada bagian header.php menggunakan notepad.
Pada bagian tepatnya atasnya bagian paste code meta tag nya. Contoh codenya

Setelah dicopy paste pada Header.php kembali ke Dashboard untuk melihat apakah Blog Anda sudah Verified? Jika belum mungkin ada kesalahan, seperti Blog belum sepenuhnya terindex Google karena Blognya baru dan sebagainya.
Nah pada step ke-3 ini kita akan membahas meta tag yang secara umum di gunakan yaitu Meta tag Description, Keywords, Robots dan Author, dan yang secara umum digunakan untuk Search Engine, hanya ada 3 yaitu Meta tag Description, Keywords dan Robots, sedangkan Author hanya sebagai pelengkap saja.Ketika Anda melihat info Blog Anda pada Submitexpress.com, banyak sekali yang berwarna merah itu berarti banyak meta tag yang digunakan untuk Search Engine error dalam artian tidak semuanya bisa terindex Search Engine khususnya Google.Untuk mengatasinya Anda dapat menyisipkan code meta tag pada Header.php, lalu INGAT!! sisipkan code ini pada bagian tepatnya atasnya bagian , berikut code-codenya dan penggunaannya :
Meta Tag Description

Meta Tag ini berguna untuk memberikan gambaran umum tentang Blog Anda. Karakter nya jangan melebihi 200 karakter. Dan usahakan agar description ini menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman Blog. Beberapa Search Engine seperti Google tidak memakai Meta tag Description ini sebagai hasil pencarian tetapi yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat pada awal Blog. Itu sebabnya mengapa Anda harus menggunakan Meta tag Description sebagai kalimat pembuka.
Contoh :

Meta tag Keyword

Meta Tag ini sangat berguna dan sangat penting untuk menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman Blog tersebut pada Search Engine.
Contoh :

Ketika memasukan Meta Tag Keyword kedalam Header.php sebaiknya Anda memasukkan keyword yang tentunya harus sama dengan isi Blog Anda. Dengan kata lain seandainya Blog Anda terdapat kata misalnya “hotel” Anda tidak boleh memberi kata yang tidak terdapat pada Blog, misalnya “mp3″. Dan kata kunci atau keyword tidak boleh diulang.
Meta Tag Robots

Meta Tag ini berfungsi sebagai penentu halaman Blog yang mana bisa di index oleh spider dan halaman web mana yang tidak. Anda bisa memilih “index follow” jika ingin Spider meng-index maupun menelusuri link pada bagian depan halaman Blog secara keseluruhan, dan pilih “noindex nofollow” jika tidak ingin Spider meng-index maupun menelusuri link yang ada pada halaman depan Blog.
Contoh :

Meta Tag Author

Meta Tag ini hanya di gunakan untuk mengindex nama pemilik Blog. Meta Tag ini tidak berpengaruh pada hasil pencarian.
Contoh :

Sekarang Anda bisa membuka lagi Alamat Submitexpress.com, dan isikan semuanya seperti yang tertera pada Step ke 1, dan lihatlah pada Meta Tag Analyzer, apakah semuanya sudah berwarna Hijau? Jika ya, berarti sudah tidak ada masalah pada Search Engine.Setelah semuanya sempurna, kini Anda hanya tinggal menunggu 1-2 minggu sampai google benar-benar telah meng index isi blog hingga keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar